Makalah ALFAMART
Pada Kesempatan kali ini saya Posting kan contoh makalah tentang Alfamart yang saya punya, Makalah ini saya milki berawal dari tetangga saya, yang katanya.. dia sedang melamar pekerjaan di toko swalayan yaitu Alfamart,
Kemudian setelah setelah dia mengikuti tahap demi tahap proses sleksinya, ada satu tahapan dimana dia diminta untuk membuat makalah yang bertemakan tentang Alfamart.
Mungkin dia bukan tidak mampu, apalagi tidak bisa membuat makalah seperti ini, cuman mungkin dia kehabisan waktu untuk mengerjakanya. Oleh karena itu dia meminta tolong kepada saya untuk membuat makalah tersebut.
Dengan bermodalkan rasa tolong menolong, saya akhirnya menyanggupi untuk membantu membuatkan makalah tersebut. Saya coba tanya ke sodara saya, katakanlah Google ternyata memang cukup banyak juga, orang - orang yang sudah membuat Makalah Alfamart itu lebih dulu.
Maka dari itu ini lah Makalah yang saya buat bermodalkan refensi dari teman - teman yang juga masih ada kaitan sodara dengan sodara saya ( Google ) . Semoga makalah saya ini bisa jadi referensi juga bagi kalian yang tengah membutuhkan makalah seperti ini.
Untuk versi Ms. Word bisa langsung download disini
Kalau yang hanya sekedar ingin melihat - lihat dulu atau membacanya dulu, silahkan penampakanya ada dibawah ini. Terima Kasih.
KATA PENGANTAR
Puji Tuhan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala
Rahmat, karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makal
ah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu syarat menjadi karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja.
ah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu syarat menjadi karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja.
Selama proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari
berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu
penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
dalam penulisan makalah ini.
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisa makalah ini masih
banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari
semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi
mencapai kesempurnaan makalah ini.
Sukabumi, 22 Agustus 2015
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
DATAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. latar Belakang
1.2. Metode Penelitian
BAB
II PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Perusahaan
2.2. Visi, Misi, dan Kebudayaan
Perusahaan
2.3. Tugas dan Tanggung Jawab Store Crew
2.4. Display, Reture
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran – Saran
BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan industri bisnis di Indonesia begitu sangat pesat, dengan seiring
sarana informasi yang menunjang sangat tidak sulit mencari informasi
perkembangan bisnis di dunia internet. Banyak di dunia bisnis yang infonya
dapat searching di google, untuk melakukan pemesanan atau hanya lihat – lihat
saja. Tetapi hal itu tidak semua kalangan dapat mengaksesnya, di karnakan
keterbatasan fasilitas dan kemampuan dalam mengoprasikan komputer dengan
internet, dengan ini alfamart memberikan kemudahan – kemudahan dalam memenuhi
kebutuhan konsumen untuk semua kalangan, dengan membuka gerai di setiap
lokasi agar konsumen lebih mudah mendapatkan kebutuhan sehari – hari.
1. Latar Belakang
Minimarket alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard
tidak melewati seperti kebutuhan primer, sekunder, selebihnya semacam
supermarket dan hypermat. Tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat
untuk itu saya ingin mengetahui dan mempelajari system informasi dan memajang
barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengan melakukan riset setidaknya
saya dapat mengamati, melihat mempelajari, memperhatikan, dan mempraktekanya
system – system yang ada.
2. Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelusuran langsung
kesuatu toko Alfamart, metode pengumpulan makalah ini dari karyawan Alfamart
yang ditunjuk, dan websait Alfamart.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Sejarah Perusahaan
Alfamart merupakan salah satu
perusahaan retail local yang saat ini menjadi yang terbaik di Indonesia, hal
ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya penghargaan yang diraih dalam
kurun waktu 14 tahun sejak didirikanya perusahaan ini.
Tahun 1989 : berdiri sebagai perusahaan dagang
aneka prodak oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas
kepemilikanya di jual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989.
Tahun 1994 : Struktur kepemilikanya berubah menjadi 70% PT. HM.
Sampoerna Tbk dan 30% PT. Sigmantara Alfindo ( keluarga Djoko Susanto )
Tahun 1999 : Alfa Minimart pertama mulai beroprasi di jl.
Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang, Banten.
Tahun 2003 : Alfa Minimart menjadi Alfamart.
Tahun 2005 : jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293
gerai hanya dalam enam tahun, semua toko ada di pulau jawa.
Tahun 2006 : PT. HM. Sampoerna Tbk menjual
sahamnya, sehingga struktur kepemilikanya menjadi PT. Sigmantara Alfindo ( 60%
) Cakrawala Mulia Prima ( 40% ). Mendapat sertifikat ISO 9001:2000 untuk System
Manajemen Mutu.
Tahun 2007 : Alfamart sebagai jaringan Minimarket pertama di Indonesia
yang memperoleh sertifikat, jumlah gerah mencapai 2000 toko, memasuki pasar
Lampung.
Tahun 2009 : Menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 januari
2009 di Bursa Efek Indonesia, gerai mencapai 3000 toko, memasuki pasar bali,
Januari 2010 : jumlah gerai lebih dari 3500 toko.
2.2.
Visi, Misi dan Kebudayaan Perusahaan
VISI
MENJADI JARINGAN DISTRIBUSI RETAIL TERKEMUKA YANG DIMILIKI
OLEH MASYARAKAT LUAS, BERORIENTASI KEPADA PEMBEDAYAAN PENGUSAHA KECIL, MEMENUHI
KEBUTUHAN HARAPAN KONSUMEN, SERTA MAMPU BERSAING GLOBAL.
MISI
Memberikan kepuasan kepada pelanggan yang terfokus pada
produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan
dan selalu menegakan tingkah laku / etika bisnis tertinggi
Ikut berpartisivasi dalam membangun Negara dengan menumbuh
kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan
terus bertumbuh serta bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang
saham, dan masyarakat pada umumnya.
BUDAYA ( 2 I & 3 K )
-
I ntegritas tinggi
-
I novasi untuk kemajuan lebih baik
-
K ualitas dan produktivitas yang lebih tinggi
-
K erjasama team
-
K epuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang baik
Moto “ Belanja Puas, Harga Pas”
2.3.
Tugas Dan Tanggung Jawab Store Crew
·
Memberikan pelayanan kepada pelanggan
·
Melaksanakan kebersihan
·
Mempersiapakan saranan kerja yang disiapakan
·
Melakukan pengawasan & pencegahan barang barang hilang
·
Menerima penitipan barang
·
Penurunan & pengecekan datang barang dari DC
·
Pemajangan barang ( Display ) dan pemenuhan dari gudang toko
ke area penjualan
·
Persiapan retur barang
·
Informasi & penawaran program promosi
·
Pengecekan barang
·
Stock opename
Penyebaran leaflet
·
Informasi barang kosong kepada MD / Ka. Toko / Ass. Ka. Toko
·
Menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekiltar toko
2.4.
Istilah – Istilah Dalam Toko
A.
Perisabel : Barang – barang yang dapat perhatian khusus ( Telor dan
Roti)
B.
BKL :
Barang
Kirim Langsung
C.
DC :
Development
Center
D.
Retur : Pengembalian Barang
E.
Display : Memajang Barang
F.
FIFO : First in First Out
G.
FEFO :
First
Expire First Out
H. Facking Out :
Merapihkan
Barang yang ada di rak agar terlihat rapih
I. Pre-Counted :
Mencatat sejumlah barang sebelum melakukan SO
J. Planogram
2.5.
5 (lima) item produk rak 3 sheliving
2
A.
Kratingdeng
B.
Hydrococo
C.
C 1000
D.
M 150
E.
Hemaviton energy
2.6 Standar penampilan pramuniaga dan kasir
a.
Celana Jeans hitam panjang
b.
Memakai seragam
c.
Rambut pendek rapih
d.
Kaos kaki hitam
e.
Sepatu Warrior (allstar) standar
f.
Ikat pinggang hitam
g.
Make up standar (wanita)
h.
Kerudung hitam polos (wanita)
i.
ID card
2.7 Standar ucapan salam kekonsumen
a.
Selamat pagi, selamat datang di
alfamart
b.
Terima kasih, senang melayani anda
silaahkan datang kembali
2.8 Fungsi tombol-tombol POS/Kasir
1.
F2 : List plu (melihat data harga)
2.
F3 : Calculator
3.
F4 : Load data
4.
F5 : Repprint (menduplikatkan struk
pembelanjaan)
5.
F6 : Member (infut member)
6.
F7 : Return (return barang)
7.
F8 : Keluar
8.
F9 : Tambah harga
9.
F10 : Lap sales (laporan sales)
10.
F11 : Clerrek (pergantian shif)
2.9 Alur transaksi
a.
Tunai
Pembelanjaan menggunakan uang tunai
b.
Debit
Transaksi => Isi data
card/kartu=> infut jumlah pembelanjaan => transaksikan dimesin EDC
c.
Voucer
Masuk ke menu voucer => pilih voucer
=> masukan barkot voucer => masukan nilai voucer => enter +
3.0 Mekanisme pembayaran card
1.
Debit
Masuk ke menu card => pilih EDC
yang akan digunakan => enter => masukan no kartu => enter =>
gesekan kartu pada mesin EDC => enter =>masukan jumlah pembayaran =>
enter +
2.
Kredit
Masuk ke menu card => pilih EDC
yang digunakan => enter => masukan no kartu => enter => masukan
kartu ke dalam mesin EDC => masukan jumlah pembayaran => enter +
3.
Prepaid
Masuk ke menu SIS => masuk ke
menu transaksi => pilih PLN (pembayaran atau pembelian) => masukan NIK
dan PIN E-trans => klik masuk => masuk ke menu prepaid => masukan no
meter => masukan nominal pembelian token => bayar
1.
Maksud clerrek
Penyetoran uang yang dilakukan pada
saat penutupan shif dan pengecekan uang cash dengan data yang ada dikomputer
2.
Devinisi E-trans
Adalah aplikasi untuk pembayaran
atau pembelian transaksi Ecomers contoh (bayar angsuran motor, pembelian pulsa
dan pemesanan tiket kereta api)
3.
MENU E-TRANS
1.
Pembelian
2.
Pembayaran
3.
Pemesanan
4.
Pendaftaran
5.
Top up
6.
Kartu aku dan pengecekan e-voucer
7.
Pengeriman dokumen/barang
8.
Settlement
9.
Administrasi
10.
Albi 123
11.
E-tiket
12.
Ambil uang
13.
Help
14.
Ganti password
15.
Keluar
4.
Alur pembelian evoucer
Masukan pilyou evoucer yang di
inginkan => cashten => masukan no handphone => enter
5.
Alur pembayaran painan motor
Masuk ke menu e-trans => masuk ke
menu pembayaran => pilih lising yang di gunakan customers => masukan no
kontrak (pastikan no kontrak dan nama sesuai dengan data customers)
6.
Pengertian settlement
Adalah laporan akhir pembayaran atau
pembelian ecomers atau EDC
7.
13 percakapan kasir
1.
Salam
2.
Sebut nama
3.
TSS
4.
Ucapkan salam
5.
Sebutkan nama
6.
Tanyakan kartu member
7.
Tawarkan pulsa
8.
Tawarkan promo PDM atau JSM
9.
Tanyakan pembayaran melalui cash,
kredit atau voucer
10.
Tawarkan donasi
11.
Ucapkan terima kasih
12.
Senang melayani anda
13.
Silahkan datang kembali
Struktur Yang Ada di Toko
( Gambar Struktur Yang ada di toko )
3.8
KETERANGAN TOKO SEKITAR
1.
Strategis
2.
Kondisi barang bugus dan rapih
3.
Keramahan personil toko sangat ramah
pada customers
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dengan perkembangan zaman saat ini.banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang
retail.karena semakin tingginya kebutuhan pokok manusia setiap hari.alfamart
sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang retail.yang bertujuan
untuk memenuhi dan melayani kebutuhan pokok masyarakat.
3.2
Saran – Saran
·
Di tingkatkan perilaku keramah-tamahan terhadap
customer
·
Chek kebersihan dari lokasi yang terkecil
·
Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada customer
Disi
Gambar Logo Alfamart
NAMA : ..................................................
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66 (NEW)
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?
Ijin comot ya
ReplyDeleteTerima kasih kak. Sangat membantu,😊
ReplyDelete